Pertama tama

Mengenal istilah Faucet, ICO, Airdrop dan Bounty

Faucet adalah suatu situs / website yang memberikan coin dalam jumlah tertentu kepada pengunjungnya dengan cara meng-CLAIM sejumlah Bitco...

Tuesday, December 12, 2017

Mengenal istilah Faucet, ICO, Airdrop dan Bounty

  1. Faucet adalah suatu situs / website yang memberikan coin dalam jumlah tertentu kepada pengunjungnya dengan cara meng-CLAIM sejumlah Bitcoin yang disediakan secara gratis. Biasanya untuk mendapatkan / meng-claim COIN GRATIS tersebut : pengunjung diwajibkan memasukkan alamat Bitcoin yang berupa kode dompet atau alamat email. Setelah itu pengunjung harus mengisi kode Captcha yang telah disediakan sebagai cara untuk memverifikasi bahwa yang melakukan claim tersebut bukan robot. Klik tombol claim. Dan jika kode Captcha cocok maka sejumlah Bitcoin yang disediakan tersebut langsung ditransfer ke alamat dompet Bitcoin.
  2.  ICO ?
    ICO Kepanjangan dari Initial Coin Offering. Initial artinya yang terawal, Coin artinya token/coin digital dan Offering artinya penawaran, bila di artikan secara keseluruhan artinya penawaran coin terawal sebelum diluncurkan ke pasar bebas.
    Tujuan dari ICO
    ICO ini biasanya di tawarkan oleh para developer dimana tujuan mereka adalah mengumpulkan dana untuk mengembangkan proyek yang mereka lakukan dalam hal ini adalah coin digital. Mereka membutuhkan dana guna memaksilkan proyek yang mereka lakukan agar cepat berkembang dan dapat secepatnya rampung.
    Keuntungan dari ICO
    Bagi para developer mereka akan mendapatkan bantuan dana guna mempercepat proyek yang mereka kembangkan sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang. Bagi para investor akan mendapatkan token atau coin yang mana nantinya coin tersebut dapat diperdagangkan secara bebas di market exchanger.
    Keuntungan bagi para investor yang mengikuti ICO sebelum coin tersebut di luncurkan ke pasar bebas adalah harga yang diberikan akan lebih murah. Dan biasanya saat coin tersebut di luncurkan harganya akan melonjak hingga lebih dari 5x lipat dari harga ICO. Inilah yang membuat para investor menikmati adanya ICO ini.
    Kerugian dari ICO
    Di balik keuntungan pasti ada kerugian yang mendatanginya. Karena ICO sifatnya investasi maka kita mengeluarkan uang dan memberikan kepada pihak ketiga dan uang tersebut bisa saja tidak digunakan sesuai perjanjian saat ICO yaitu di bawa lari tanpa adanya keterangan yang jelas atau lebih di kenal dengan SCAM.
    Beberapa hal menjadi permasalahan terjadinya SCAM saat ICO yaitu tidak jelasnya proyek, tujuan mengumpulkan dana yang dilakukan oleh developer serta tim yang tidak jelas atau tidak terpampang. Biasanya hal ini akan di jelaskan dalam whitepaper.
    Hubungan ICO dan IPO
    IPO merupakan Initial Public Offering yang mana ini merupakan sebuah investasi dalam sebuah perusahaan seperti misalnya google, facebook dan akan mendapatkan sekian saham dari investasi tersebut.
    Perbedaan yang paling mencolok dari IPO dan ICO yaitu IPO saat hendak mengumpulkan dana harus melalui banyak regulasi seperti institusi pemerintahan, institusi keungan, izin-izin dan ini pun belum sepenuhnya bisa diterima nantinya.
    Sedangkan ICO lebih simple dan mudah tanpa melalui regulasi yang rumit seperti IPO serta dapat diikuti oleh siapa saja yang ingin melakukan investasi. Uniknya lagi tidak ada batas minimal untuk berinvestasi di ICO.
    Bentuk Investasi ICO
    ICO digunakan pada investasi online yang mana lebih condong ke mata uang digital atau cryptocurrency seperti bitcoin yang merupakan cryprocurrency pertama
  3. Airdrop adalah semacam giveaway yang digunakan sebagai sarana promosi, peserta airdrop biasanya di haruskan melakukan tugas-tugas tertentu sebagai syarat utuk memperoleh sejumlah token Cryptocurrency, contoh tugasnya adalah like sosial media atau membuat video yang mempresentasikan perusahaan penyelenggara Airdrop tersebut. 
  4. Bounty dalam bahasa inggris berarti hadiah uang atau barang lainya yang ditawarkan suatu organisasi untuk penangkapan seesorang atau sessuatu. Dalam dunia Cryptocurrency Bounty bisa diartikan berlomba-lomba atau berburu mempromosikan Cryptocoin baru yang akan lahir, mempromosikan disini adalah berupa like share di sosial media dan sebagainya. sebagai imbalannya kita akan dibayar menggunakan koin tersebut nanti setelah launching.
Perbedaan antara Bounty dan Airdrop
Karena proyek Bounty, harus berhasil terlebih dulu jadi kita harus bersabar menerima bayaran, sedangkan airdrop meskipun hasilnya tidak terlalu besar kita bisa mendapatkan koin tanpa harus menunggu lama.

No comments:

Post a Comment